10 Nov 2014

BBM Naik | Menyelamatkan APBN Menekan Anggaran Ibu Rumah Tangga


Kenaikan harga BBM dari tahun ke tahun, periode ke periode selalu menuai kritikan dan komentar.

Seakan Negara ini kunciannya terletak hanya pada BBM, betapa tidak dengan kenaikan BBM begitu banyak dampak yang dirasakan oleh rakyat.

Rakyat juga prihatin akan Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang mulai defisit karena banyaknya anggaran yang tidak sesuai, salah sasaran dan banyak pemborosan.

Namun mengenai harga BBM, syah -syah saja dinaikkan dan subsidi nya direlokasikan ke bidang lain dengan kartu saktinya sang presiden itu.

Tapi rakyatpun juga yang akan lebih merasakannya dengan segala dampaknya, diantaranya seperti yang kita rasakan ditahun-tahun sebelumnya.

Dari wacananya saja, dampaknya sudah mulai terasa seperti kenaikan harga bahan pokok dan lain sebagainya.

Apa lagi jadi dinaikan, rasanya rakyat sudah hafal apa yang akan terjadi setelahnya.

Yang berdampak dalam kenaikan harga BBM ada dua sektor yaitu produksi dan transportasi.

Untuk menggerakan mesin dalam memproduksi suatu barang memerlukan BBM, maka jika BBM naik sudah pasti pelaku industri juga akan menaikkan hasil produksinya.

Begitu juga dengan sektor transportasi, karena seperti yang kita ketahui transportasi memerlukan BBM, jika BBM naik sama juga pasti pelaku bisnis yang menggunakan jasa transportasi atau sektor tersebut pasti akan menaikkan harga produksinya juga.

Nah, rakyat akan menambah daftar pikirannya untuk menjalani kehidupan sehari-harinya. Terutama yang akan dibuat pusing adalah ibu rumah tangga yang mengatur keuangan di rumahnya.

Gaji yang didapatkan selama bekerja tidak akan ikut naik secara otomatis , jadi keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran rumah tangga pasti akan tidak sama.

Bisa jadi lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan, ini yang rakyat rasakan. Pengalaman terdahulu sudah sangat akrab bagi bangsa ini terutama rakyat kecil.

Selain harga akan naik, tingkat kriminalpun bisa meningkat dikarenakan perekonomian akan semakin sulit.

Semoga apa yang menjadi kehendak pemerintah untuk menaikan harga BBM untuk indonesia menjadi lebih baik kedepannya.

Semoga langkah-langkah wakil rakyat kita tidak salah arah, agar nantinya rakyat sejahtera.

Dan Kita juga harus berfikir bagaimana berhemat dan mencoba mencari alternatif.

No comments:

Post a Comment