6 Nov 2014

Bisa jadi daerahmu itu jakarta tempo doeloe

Perencanaan pembangunan suatu daerah memang harus lebih direncanakan secara menyeluruh.

Tata ruang kota harus bisa direncanakan dan dibuatkan masterplan nya secara keseluruhan dari mulai perbatasan hingga perbatasan.

Kenapa demikian, perencanaan tata kota harua lebih bisa dan membaca suatu wilayah termasuk daerah mana yang potensial sebagai pendapatan daerah termasuk juga yang menunjang kesejahteraan masyarakatnya diantaranya daerah pertanian, perindustrian ataupun pemukiman.

Dalam perkembangan perekonomian bebas ini pasti banyak investor-investor yang masuk, apa lagi daerah tersebut memiliki sumber daya yang bagus, baik manusianya ataupun alamnya.

Jangan sampai kebebasan dalam membangun tak pernah memikirkan bagaimana ke depannya.

Kenapa benerin indonesia mengambil judul seperti di atas, itu dikhawatirkan sekarang kita sih enak saja lahan masih luas dan tanah lapang masih di mana-mana.

Ketika pemerintah daerah begitu gampangnya memberikan ijin kepada investor untuk mendirikan bangunan baik perumahan maupun pabrik-pabrik industri tanpa mengindahkan lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada beberapa kasus misalkan tadinya daerah kita tidak dilanda banjir tetapi setelah ada yang mendirikan bangunan di samping daerah tersebut jadi banjir akibatnya.

Masih banyak yang mendirikan bangunan di daerah yang seharusnya menjadi daerah resapan air. Ya bisa dipastikan beberapa tahun kedepan bukan hanya di Jakarta saja yang dilanda banjir daerah kita juga.

Jadi jangan heran ketika kita mendengar daerah yang katanya pegunungan tapi masih ada yang kena banjir.





Adakah yang mengira bahwa jakarta akan seperti sekarang yang padat dan ramai? Seperti gambar di atas.

Orang dahulu yang hidup di jaman seperti gambar pertama. Pasti takkan pernah terbayang sampai kondisi sekarang ini.

Coba abadikan daerah mu sekarang dan tunggu di jaman yang akan datang.

Jika perencanaannya mateng dan lebih memperhatikan lingkungan , sistem sanitasi , irigasi dan lain sebagainya. Niscaya dijaman yang akan datang mungkin saja akan tertata rapih.

#Kota #Tempo doeloe #otonomi daerah #tata ruang kota



No comments:

Post a Comment