3 Nov 2014

Tiga "Kartu Sakti" dari Sang Presiden


Siang tadi (3/11/2014) pemerintah telah resmi mengeluarkan tiga kartu saktinya untuk perlindungan masyarakat miskin.

Tiga kartu sakti ini merupakan salah satu program pemerintahan sekarang dalam masa kerja seratus harinya.

Tiga kartu sakti itu antara lain adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Masing-masing kartu fungsinya diharapkan dapat membantu masyarakat miskin dalam perolehan haknya sebagai warga negara mendapatkan pelayanan terbaik dan merata di bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan.

Tiga Kartu Sakti ini sebagai kompensasi peralihan dana subsidi BBM yang tadinya banyak disubsidikan oleh pemerintah, kini dana alokasi tersebut sebagiannya dialihkan demi kesejahteraan bersama.

Karena setiap warga negara berhak mandapatkan penghidupan yang layak.

Berikut adalah beberapa fungsi dan kegunaan Tiga Kartu Sakti tersebut antara lain:

1. Kartu Indonesia Sehat

Kartu Indonesia Sehat ini layaknya kartu yang dikeluarkan sebagai program - program sebelumnya.

Kartu ini layaknya seperti kartu BPJS,Jamkesmas atau program JKN(Jaminan  kesehatan Nasional). Kartu ini dapat digunakan seperti halnya kartu BPJS ketika berobat di Puskesmas atau Rumah Sakit Rujukan.

Untuk anak yang orang tuanya memiliki kartu Indonesia sehat dapat langsung menggunakan kartu orang tuanya 

Menurut ibu menterti Sosial bahwa semua untuk yang memegang kartu yang iurannya bayar seperti BPJS pun, dapat mengkonversi kartu jamkesmas, BPJS atau JKN ke kantor pos terdekat.

2. Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Kartu Indonesia Pintar ini menjawab beberapa kekhawatiran anak-anak yang tidak mampu untuk berfikir putus sekolah dikarenakan biaya.

Bagi pemilik Kartu ini, untuk memperoleh hak belajar atau sekolahpun bisa terpenuhi dikarenakan dengan Kartu Indonesia Pintar ini bagi anak-anak ingin melanjutkan sekolahnya karena masalah ekonomi, menjadikan sekolahpun gratis

Terakhir adalah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Menggunakan angaran negara untuk kesehahteraan rakyat miskin yang selama ini selalu mendapatkan imbasnya selagi BBM naik.

Bagi Keluarga yang memegang Kartu ini Perkepala keluarga mendapatkan uang kompensiasi sebesar Rp.200.000/ bulan kartu ini akan diisi seperti uang elektrik yang disampaikan dengan sistem transfer ke penggunanya.

Pemberian uang ini disampaikan bisa dua bulan sekali, sistemnya adalah kita sipemilik Kartu Keluarga Sehat (KKS), akan diberikan Sim Card(kartu HP) sebagai kontrol uang elektrik.

Jika kegiatan ini sudah berjalan , ai pemegang kartu Keluarga Sehat (KKS) akan ditransfer otomatis melalui rekening kartu semacam sim Card HP yang bisa mencairkan uang sebangak 200 juta orang. Dan tiap bulannya jika memang sudah waktunya ditransfer melalui rekening yang juga sebagai nomor HP yang di dalam Simcard bisa di cek dengan melakukan Dial di HP yang berisikan Sim Card yang dikasih tersebut dengan menekan *141*6#.

Kita dukung terus beberapa program kerakyatan beliau agar indonesia bener sejahtera dan dapat penghidupan yang layak.

#KartuSakti, #jokowi# kartu Indonesia Sehat (KIS), #Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan # Kartu Keluarga Sejahtera



No comments:

Post a Comment