2 Nov 2014

Ebola di Indonesia


Pekan ini Indonesia dihebokan dengan penyakit Ebola. Kedatangan warga madiun yang dinyatakan Suspect ebola yang selama ini dia bekerja sebagai TKI di Liberia yang dimana negara tersebut sudah banyak yang terjangkit penyakit ebola bahkan sudah mencapai ribuan orang meninggal akibatnya.

TKI tersebut sepulang dari negara perantauannya sudah mengalami sakit yang diduga kuat seperti gejala penyakit Ebola.

Yang pada awalnya TKI ini sebelum dirujuk ke RS dr Soedono , Madiun dikira mengalami penyakit malaria.

Namun, setelah dirawat di RS tersebut. Menurut catatan medis dan riwayat si pasien. Maka langsung di isolasi dikarenakan selain gejalanya seperti penyakit Ebola, pasien juga usai pulang dari Negara yang rakyatnya banyak terkena penyakit tersebut.

Indonesia harus waspada dan segera melakukan sosialisasi lebih intens lagi ke masyarakat, dikhawatirkan penyakit ini akan berkembang lebih cepat.

Sedikit kita harus ketahui bahwa Ebola (Ebola Hemorrhagic Fever) adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus yang bernama ebola. Gejalanya ditandai dengan demam tinggi, sakit tenggorokan, kepala pusing dan biasanya diikuti mual dan muntah-muntah.

Penularannya sendiri penyakit ini bisa dibawa oleh binatang Codot atau Kelelawar pemakan buah yang merupakan inang/tempat berkembang biaknya virus tersebut. Dan virus ini juga dapat ditularkan oleh hewan primata dan sejenisnya dan bisa juga oleh manusia.

Untuk mencegah terjangkitnya virus ini, sekali lagi kembali kepada prilaku kita sendiri, biasakanlah kita hidup dengan kebiasaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Setiap makan kita harus cuci tangan, memasak makanan dengan suhu tertentu dan mencuci buah-buahan terlebih dahulu dengan antiseptik agar kuman atau bakteri bahkan virus di dalamnya tidak menjangkiti kita.

Apalagi yang menjadi inang dari Virus Ebola ini adalah kelelawar pemakan buah, bisa jadi buah yang tidak higienis dan langsung kita makan itu terinfeksi virus oleh kelelawar tersebut.

Semoga untuk TKI Madiun itu bisa sembuh dan kembali ke pangkuan keluarganya dengan senyuman.

#Penyakit Ebola,#Virus Ebola#TKI Madiun#Madiun Ebola#Ebola Liberia#Ebola Afrika#Ebola Indonesia#Cegah Ebola#Inang Ebola


No comments:

Post a Comment