23 Nov 2014

Jangankan Beli Ikan | Kebeli Tempe Aja Alhamdulillah

Program meningkatkan kesejahteraan sedang digeluti oleh para pemimpin kita, dari mulai dikeluarkannya tiga kartu sakti sampai dengan peningkatan di bidang kelautan.

Yang sedang ingin dibenahi oleh menteri yang sempat menjadi Media Darling akhir-akhir ini adalah tentang meningkatkan taraf hidup nelayan dan juga tentang produktivitas masyarakat dalam mengkonsumsi ikan.

Ikan yang kaya akan protein omega 3 yang katanya protein tersebut dapat meningkatkan tingkat kecerdasan anak dan juga bisa membuat awet muda itu belum menjadi perhatian atau menjadi kebutuhan yang primer di masyarakat.

Tingkat makan ikan di Indonesia sangat rendah, sehingga para nelayan di Indonesia pun sudah mulai menurun semangatnya dalam memproduksi atau menangkap ikan di laut.

Padahal potensi ikan di Indonesia itu sangatlah tinggi, sebab secara geografis indonesia ini merupakan negara maritim, yang notabene memiliki daerah perairan yang lebih luas.

Tingkat ekonomi masyarakat yang rendah ini menjadi salah satu faktor tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan menjadi sangatlah kurang, bahkan bisa dibilang satu bulan bisa cuma satu kali orang makan ikan atau bisa jadi tidak pernah sama sekali.

Kenapa demikian, ya bisa dibayangkan apalagi dengan dampak dari kenaikan BBM yang menyebabkan harga barang-barang , sayuran dan makanan di pasar menjadi naik.

Sudahlah pasti untuk masyarakat yang penghasilannya di bawah rata-rata jangankan untuk membeli ikan, bisa beli tempe untuk makan hari ini saja sudah sangat bersyukur.

Inilah yang menjadi permasalahan bukan karena 2000 nya yang menjadi angka dalam kenaikan BBM kmarin, namun karena angka 2000 itulah berdampak besar bagi perekonomian masyarakat yang diikuti oleh kenaikan harga-harga lainnya di pasar.

Semoga ini menjadi perhatian pemerintah

No comments:

Post a Comment