23 Nov 2014

Daerah Perbatasan | Cerminan Wajah Indonesia

Sahabat benerin Indonesia mungkin sudah seringkali mendengar bahkan merasakan langsung dan melihat bagaimana kehidupan di daerah perbatasan indonesia atau daerah paling pinggir dari Kepulauan negara RI ini.

Berbagai permasalahan begitu beragam di daerah tersebut, bisa dilihat dari segi insfastruktur sampai dengan masalah pendidikan dan kesehatan.

Kita sering mendengar di daerah tersebut untuk menuju sekolah, sarana kesehatan juga harus bersusah payah terlebih dahulu.

Belum lagi masalah kesejahteraan masyarakatnya yang seakan tersisihkan dari negara ini.

Bahan-bahan pokok yang mungkin akan lebih mahal dikarenakan jarak yang sangat jauh.

Sungguh berbanding terbalik dengan negara tetangga yang dalam hal ini mereka berada dekat atau di perbatasan di kedua negara.

Apakah mereka harus berpaling?

Inilah yang menjadi cobaan terberat bagi negara ini, rasa nasional mereka sungguh lebih kuat dikarenakan rumput negara tetangga itu ternyata lebih hijau.

Yang akhirnya sedikit banyaknya penghidupan mereka didapatkan dari negara tetangga itu.

Kadang ini bisa menjadi tamparan keras bagi kita, rasa pilu saat mendengar mereka lebih memilih penghidupannya di sana, bahkan anak sekolah di sana, mungkin lebih hafal lagu kebangsaan negara tetangga dibandingkan lagu kebangsaan sendiri.

Kita harapkan pemerintahan sekarang harus ada yang lebih konsen membangun insfastruktur dan kehidupan yang layak di sana.

Agar hati anak bangsa dari sabang sampai merauke tetap memiliki nama indonesia di hati mereka.

No comments:

Post a Comment