31 Oct 2014

Halloween di Indonesia


Perayaan Halloween merupakan budaya barat yang lebih tepatnya berasal dari Irlandia.

Orang Irlandia yang tinggal di Amerika Utara menyebarkan budaya mereka yang dimana setiap malam tanggal 31 Oktober mereka mendandan dirinya dan suasana menyeramkan mereka buat disaat malam tersebut.

Halloween sendiri merupakan sejenis pesta atau perayaan yang menandakan berakhirnya musim panas dan menuju musim dingin.

Orang Irlandia terutama suku kuno mereka berasal menganggap pada saat pergantian musim ini mereka harus berbekal menimbun makanan untuk persiapan musim dingin.

Dan menurut kepercayaan mereka bahwa orang mati atau meninggal bisa membawa penyakit atau bisa juga mengganggu mereka khususnya dalam persiapan penyediaan makanan untuk musim dingin.

Maka dari itu, mereka mempunyai tradisi kala itu dengan menyembelih hewan ternak dan tulang benulangnya mereka bakar dan dijadikan unggun sambil bertopeng menyerupai hantu , menurut mereka dengan berpenampilan seperti hantu tersebut agar mereka menyerupai orang yang mati itu dan sama seperti mereka sehingga orang mati tersebut tak mengganggu mereka dikala menyiapkan makanan untuk musim dingin.

Nah di Indonesia akhir-akhir ini, entah mengikuti trend atau hanya ingin terlihat lebih keren orang di indonesia banyak yang ikut-ikutan merayakannya.

Memang di zaman Globalisasi ini kita tak dapat mencegah budaya luar masuk ke Indonesia, namun harusnya kita bisa memilah milah budaya apa yang harus kita lestarikan.

Saat ini memang Halloween di Indonesia bukan untuk mengikuti budaya nya akan tetapi lebih terkesan kepada tingkat komersil saja.

Diantaranya para pemilik Restoran, Hotel atau tempat hiburan lainnya dikarenakan sekarang adalah waktunya Halloween mereka membuat dan mendekor tempatnya dengan tema Halloween.

Lebih terkesan sebagai peminjaman Budaya saja, namun bisa jadi Halloween di Indonesia ini bisa menjadi Trend seperti halnnya tradisi Valentine.

Yang menurut sejarah yang kita ketahui bahwa Valentine juga merupakan budaya barat.

Inilah yang sangat disayangkan, kita lebih memilih budaya luar dan membuatnya trend, tetapi jika ditanya kebudayaan sendiri masih banyak yang belum tahu dan mengenalnya.

Ini haru menjadi perhatian pemerintah, mungkin keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia ini masih belum menyentuh generasi kita.

Seharusnya kita lebih menjaga dan membuat trend budaya sendiri, ketimbang ikut-ikutan atau meminjam Budaya negara lain yang kita sendiri kadang tak tahu apa makna budaya itu.

Jaga dan lestarikanlah budaya kita, tunjukkanlah bahwa indonesia lebih kaya akan budayanya.

No comments:

Post a Comment