2 Oct 2014

Orang Indonesia itu Ramah...Katanya!!!

Teringat sekali waktu kecil masih duduk di bangku sekolah dasar, kita sering dengar perkataan guru saat mengajar kita.
Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, tolong menolong dan suka bergotong royong.
Tapi kenapa ya? Sekarang dirasa sangat berbeda, coba deh kita sejenak jalan berkendara di jalanan atau pergi ke pasar  tradisional..di sana pasti kita akan dapatkan berbagai macam perilaku orang.
Bahkan tak jarang juga bisa memancing emosi kita , contoh saja saat berkendara, banyak sekali orang yang ugal-ugalan membawa kemdaraannya seakan tak pernah mendapat pelajaran tata krama saat mereka sekolah.
Atau bisa juga kita temui saat di pasar, di sana juga banyak orang yang beragam suku bangsa, ya bisa kita temui atau rasakan juga orang-orang yang mungkin berdesak-desakan seakan tidak pernah mau untuk bersabar.
Apa yang salah dengan indonesia? Bahkan kita lihat orang berpendidikan seperti anggota dewan pun, kadang sudah tidak bisa menggunakan akal sehat dan hati nurani mereka.
Korupsi, bertengkar saat sidang, bahkan mereka sudah tidak malu lagi kalau tiduran atau maen smartphone dan gadgednya saat paripurna.
Bukan hanya itu dari sektor pendidikan juga banyak kita dengar berita-berita dari mulai tawuran pelajar sampai tindak asusila yang dilakukan murid atau bahkan gurunya itu sendiri.
Mau di bawa kemana bangsa kita nanti?
Apa benar, bahwa orang indonesia itu terkenal ramah dan berakhlak mulia itu cuma sekedar "Katanya".
Tanya kenapa?? Bukan salah bunda mengandung bisa jadi ini diakibatkan oleh adanya dekadensi moral atau penurunan moral.
Sudah saatnya para pendidik , guru dan ulama lebih menekankan pelajaran akidah akhlak terlebih dahulu dibanding dengan mengajarkan anak untuk berhitung. Karna percuma jika negara kita punya banyak orang yang berilmu tapi tak beriman.
Punya banyak orang yang pintar tapi kelakuannya tak bermoral, mari kita mulai dari diri kita terlebih dahulu dari lingkungan kita, pendidikan di rumah juga harus lebih ditekankan terlebih dahulu tentan pelajaran etika tata krama dan akidah akhlak kepada anak kita.
Karna orang tua itu adalah sekolah yang pertama dan paling utama untuk anak kita dan semoga kelak bangsa kita itu akan diisi oleh generasi yang berakhlak mulia dan tidak lagi ada yang namanya "Katanya" dibelakang kata bangsa yang ramah. Amiin
By Athman untuk indonesiaku

No comments:

Post a Comment