23 Oct 2014

Indonesia Mencoba Berhenti Merokok


Berbagai macam cara mengingatkan orang untuk berhenti rokok itu sepertinya hal yang mustahil, terbukti walaupun memberikan peringatan keras di bungkus rokok sampai memampang gambar yang  penyakit akibat rokok sampai mau pasang gambar pocongpun sepertinya itu akan sia-sia.

Kenapa? Karena rokok itu memang mengandung zat candu yang membuat para perokok takkan bisa berhenti walaupun dipaksa sekalipun.

Ya mungkin hanya saat tak punya uang sama sekali yang buat para perokok akan berhenti sejenak melupakan rokok.

Bahkan pemerintah sekalipun takkan pernah bisa walaupun harus mematikan jalan krannya pun pemerintah sangat sulit.

Padahal rokok itu sangat berbahaya, seperti yang pernah disurvey oleh Kumpulan para Ahli Kesehatan Masyarakat tahun 2007 mencatat sekitar 46 orang pertahun meninggal akibat bahayanya rokok.

Di dalam Rokok terkandung kurang lebih 7000 zat kimia berbahaya 200 diantaranya adalah bersifat karsinogenik Yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Selain membahayan perokok, rokok juga berbahaya bagi yang tidak merokok tapi berada dekat dengan orang yang sedang  merokok atau yang biasa kita sebut dengan perokok pasif karena 75% asap yang dihasilkan rokok lebih banyak terhirup oleh perokok pasif.

Memang perlu beberapa pertimbangan buat pemerintah untuk semata-mata menghentikan pabrik rokok dikarenakan jika dihentikan produksinya akan membuat para petani tembakau merugi, belum lagi lapangan pekerjaan dan pajak yang diterima pemerintah akan berkurang.

Akan tetapi sepertinya pemerintah dan kita yang peduli akan kesehatan harus tetap mengusahakan agar Indonesia bebas rokok.

Pemerintah harus mengurangi ijin kepada produsen rokok untuk memasang iklan rokok dimanapun dan dalam bentuk apapun.

Percuma saja walaupun iklan rokoknya hanya berupa tulisan merokok dapat menyebabkan kematian atau apapun tapi iklan itu dibuat menarik contohnya "minta opo jin, waniii pirooo " trus endingnya menyebutkan iklan rokok...trus "bukaaan basaa basaaaa" pokoknya justru iklannya yang mudah dicerna sehingga malah lebih menarik audiennya untuk membeli produk tersebut.

Belum lagi Banner yang dipajang di pinggir jalan...Walaupun cuma gambar jantung yang rusak yaaa tetep aja orang itu tahu bahwa itu iklan rokok.

Seharusnya semua iklan rokok dihilangkan dan walaupun mau beriklan ya harus di atas jam 12 malam agar tidak dikonsumsi oleh anak-anak.

Jika anak-anak walaupun tidak secara sengaja melihat iklan rokok, itu sama saja suatu bentuk asupan pikiran untuk merekrut generasi perokok baru.

Jadi kalau bisa jauhkanlah anak-anak kita dari yang namanya rokok, baik itu iklan, gambar ataupun hal yang mengandung rokok.

Seperti bapaknya juga jangan pernah merokok di depan anak bahkan jangan juga menyuruh anak untuk membelikan rokok. Pokoknya jika kita mau membantu  agar indonesia bebas rokok ya... Dari kita sendiri harus memutus rantai yang namanya perkembangan rokok dalam bentuk apapun.

Dan mudah-mudahan generasi berikutnya tak tahu apa itu rokok, jangan ini mah, iklan rokok dimana-mana, menyebar SPG cantik buat jualan rokok,merokok depan anak atau menyuruh anak untuk belanja rokok bahkan ada yang memproduksi permen anak-anak tapi bentuknya rokok. 

Sudah pasti itu akan membentuk asupan atau memupuk generasi perokok berikutnya.

Produsen rokok jangan ditutup jika memang itu adalah salah satu penghasilan, tapi jangan dijual di indonesia... Silahkan impor ke luar negeri atau coba sedikit kurangi propaganda dan iklan tentang rokok.

Marilah kita bersama-sama ciptakan indonesia bebas rokok dan jangan ciptakan generasi perokok baru.

1 comment:

  1. Blogwalking bro :)
    up up deh
    Kunjungi juga ya http://polymagz.blogspot.com/

    ReplyDelete