19 Jan 2015

Martin Luther King Jr Day



Martin Luther adalah seorang pendeta dan juga aktivis HAM yang lahir pada tanggal 15 Januari 1929.

Martin juga bergerak menjadi aktivis Non kekerasan di zaman modern untuk Afrika-Amerika, kisahnya mengukir sejarah Afrika - Amerika melalui kegiatannya yang sangat menentang kekerasan pada waktu itu.

Dan Martin pun sangat terkenal dengan beberapa kata-kata penyemangatnya yang menyulut untuk api perubahan di kala itu.

Salah satu kata-katanya yang terkenal ialah " Gelap tak dapat mengusir gelap, hanya cahayalah yang dapat meneranginya dan kebencian tak bisa hilang dengan kebencian namun cintalah yang dapat menghilangkannya"

Hari ini di Amerika Serikat dan negara bagiannya dinyatakan sebagai hari Libur nasional sebagai perayaan mengingat jasa-jasa Martin dan biasa disebut sebagai Martin Luther King Day.

Kebijakan ini diusulkan oleh Anggota kongres Jhon Conyers yang pada saat itu mengusulakan sebagai peringatan mengenang Martin setelah empat hari terbunuhnya beliau.

Dan senin ke tiga di bulan januari pun dijadikan sebagai Martin Luther King Day, lebih tepatnya bisa 4-5 hari setelah hari ulang tahunnya yang tertanggal 15 januari.

Kebijakan ini awalnya banyak yang menentang dan hanya beberapa negara di Amerika Serikat yang menyetujuinya dan setelah perkembangan pun setidaknya ada 50 negara yang sudah ikut menetapkan hari ini sebagai hari peringatan Martin Luther King Day.

No comments:

Post a Comment