28 Jan 2015

Mengenal android


Saat ini disadari atau tidak, semua aplikasi untuk flatform yang digunakan di gadget anda hampir semua berbasis android.

Maka dari itu kita harus sedikit mengenal tentang android itu sendiri.

Android adalah sistem operasi bergerak (mobile operating system) yang mengadopsi sistem operasi yang dipunyai operasi linux dan telah dimodifikasi.

Android sendiri telah diambil alih oleh google pada tahun 2005 dari Android,Inc sebagai bagian dari strategi untuk mengisi pasar sistem operasi mobile ini.

Google sendiri menginginkan android ini bersifat terbuka dan gratis, sehingga hampir semua kode program yang diluncurkan berlisensi open source apache yang berarti jika semua orang ingin menggunakan androis dapat mendownload penuh semua source kodenya.

Sampai produsen perangkat keras pun dapat menambahkan sendiri extensionnya ke dalam produk mereka.

Keuntungan utama dari android adalah adanya pendekatan aplikasi secara terpadu. Pengembang sendiri hanya dapat berkonsentrasi pada aplikasi saja.

Versi androidpun telah mengalami update sejak diluncurkan pertama kali yaitu tahun 5 november 2007 dengan versi beta sampai saat ini.

Fitur android tersedia secara open source bagi manufaktur perangkat keras untuk memodifikasinya sesuai kebutuhan. Walaupun konfigurasu perangkat android tidak sama antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, tapi android dapat mendukung fitur-fitur berikut:
- penyimpanan, seperti menggunakan SQLite
- Koneksi , menduking GSM/EDGE,IDEN,CDMA dan lain lain
- Pesan, mendukung SMS dan MMS
- Web browser, juga banyak yang mendukung diantaranya Crome V8 JavaScript
- Media , dari mulai format 3gp sampai MP4 dan lainnya termasuk format JPG sampai BMP
- Multi touch
- multi tasking
- dukungan flash

Secara garis besar sistem operasi android terbagi menjadil lima tingkatan :
1. Linux kernel
2. Libraries
3. Android runtime
4. Application framework
5. Applications

No comments:

Post a Comment